12.16.2010

Penemu Algoritma dari Bukhara


Masih ingatkah kita dengan pelajaran trigonometri dan geometri? Pelajaran yang menjadi salah satu nadi utama dalam ilmu matematika. Adalah Ia Muhammad bin Musa Al Khawarizmi yang merintis ilmu tersebut. Ilmuwan besar kelahiran Bukhara Uzbekistan tahun 750 Masehi ini lebih dikenal dengan sebutan algorismus di kalangan ilmuwan- ilmuwan eropa. Dari namanyalah diambil istilah algorism (algoritma).

Algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Contoh sederhana adalah penyusunan sebuah resep makanan, yang biasanya terdapat langkah-langkah cara memasak masakan tersebut. Tapi, algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur dalam ilmu komputer / informatika.

Selain itu bukunya yang berjudul al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa al-muqalabah merupakan salah satu karya terpenting sepanjang sejarah. Beliaulah yang membuat sistem nomor memuat Cos, Sin dan Tan dalam penyelesaian persamaan trigonometri , teorema segitiga sama kaki dan perhitungan luas segitiga, segi empat dan lingkaran dalam geometri.

Al Khawarizmi mengadopsi penggunaan angka nol, dalam ilmu aritmatika dan sistem desimal. Beberapa bukunya banyak diterjemahkan kedalam bahasa latin pada awal abad ke-12, oleh dua orang penerjemah terkemuka yaitu Adelard Bath dan Gerard Cremona. Risalah-risalah aritmatikanya, seperti Kitab al-Jam’a wal-Tafreeq bil Hisab al-Hindi & Algebra, dikenal dari translasi berbahasa latin. Buku-buku itu terus dipakai hingga abad ke-16 sebagai buku pegangan dasar oleh universitas-universitas di Eropa.

Kepribadian al-Khawarizmi telah diakui oleh orang Islam maupun dunia Barat sebagai tokoh yang cukup berpengaruh dalam bidang sains di masanya, semoga kita bisa belajar dari sejarah hidup beliau dan semoga akan lahir khawarizmi-khawarizmi yang baru di zaman ini.

Wallahua’lam.

Sumber




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini, namun diharapkan jangan melakukan spamming,hindari komentar yang menyinggung unsur SARA, berkata kasar serta hal-hal negatif lainnya, Terima Kasih, Semoga bermanfaat.